Hasil Survey Tentang

Pandemi Covid-19 juga menjadi masa pengujian time management dari orang tua, terutama bagi orang tua bekerja. Pada masa normal, mereka bisa dengan tenang bekerja dan/atau menjalankan usaha nya tanpa banyak ter-interupsi dengan urusan sekolah anak. Beberapa dari mereka bahkan hanya ter update dari WA grup guru dan wali murid, dan/atau meluangkan waktu beberapa jam di sore atau malam hari untuk mendampingi anak belajar/mengerjakan tugas sekolah. Namun selama pandemic Covid-19, mereka dipaksa meningkatkan alokasi waktu nya untuk mendampingi anak belajar, sedangkan tugas kantor/tempat bekerja juga menunggu. Survey ini juga menunjukkan bahwa 17% orang tua bekerja menjalankan full WFH, 54% menjalankan full WFO, dan sisa 29% menjalankan setengah WFH dan WFO. Seberapa sulit mereka struggle dengan kondisi tersebut?  

Polling Center melakukan online survei terhadap 820 orang tua di 34 Propinsi di Indonesia (532 diantaranya adalah orang tua bekerja / memiliki usaha), khususnya orang tua dengan anak SD selama periode 4 – 13 Juli 2020, salah satunya untuk mengetahui seberapa mudah orang tua bekerja bisa membagi waktu nya antara bekerja dan mendampingi anak belajar?

Sebanyak 33% mengklaim bahwa mereka mengalami kesulitan (30% sulit, 4% sangat sulit). Sebaliknya, 26% lainnya tidak punya kendala dalam membagi waktunya alias merasa mudah (23% mudah, 3% sangat mudah). Sebagian besar mengklaim “biasa saja” (40%). Ini arti nya bahwa mereka tidak menganggap bahwa membagi waktu antara pekerjaan dan mendampingi anak belajar adalah hal mudah, namun juga bukan menjadi kendala yang berarti.Terdapat 40% orang tua bekerja yang menganggap bahwa salah satu tantangan utama nya adalah mengatur waktu antara bekerja/menjalankan usaha dan menemani anak belajar.

Orang tua manakah yang menganggap membagi waktu antara dua hal diatas adalah mudah, sulit atau biasa saja?

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami Polling Center di:

0818108661 (Heny), 085693347422 (Arini)

Fb :@polling-polling

IG : @pollingcenter